Menu Close

Mengurus Etika Bisnis Dalam Tengah Pandemi

Kemudian, harus memberikan visi bisnis masa depan yang bukan semata-mata mencari keuntungan yang bersifat ’’sesaat’’, melainkan mencari keuntungan yang mengandung ’’hakikat’’ baik, yang berakibat atau berdampak baik pula bagi semua umat manusia. Etika bisnis itu merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan juga dengan masyarakat. Dimana etika bisnis ini dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai-nilai, norma, dan prilaku karyawan juga pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat melalui pelanggan/mitra kerja, pemegang saham dan penduduk. Dimana perusahaan maka akan meyakini prinsip marketing yang baik merupakan bisnis yang beretika, yakni bisnis melalui kinera unggul lalu berkesimabungan yang dilakukan dengan kaidah-kaidah dora yang sejalan melalui hukum dan cara yang berlaku. Pada dunia modern di sini., bisnis adalah salah satu kekuatan dalam sangat berkuasa.

Dampak modal dan sumber daya yang ikut serta dalam sebuah rédigée bisnis menciptakan gede tambah untuk kesejahteraan dan perbaikan mutu hidup manusia. Hal ini karena bisnis memiliki pengaruh yang sangat lebih besar terhadap kesejahteraan lalu perbaikan kualitas hidup manusia, maka diperlukan tata kelola bisnis yang bermoral. Dalam hal ini, moral tersebut biasanya diatur dalam pedoman etika bisnis di masing-masing organisasi atau perusahaan. Dengan mematuhi pedoman etika bisnis, maka perusahaan mampu menjalankan bisnisnya dengan etis, sehingga pemilik saham, karyawan, manajemen, pelanggan, dan pemangku kepentingan lainnya mendapatkan kebaikan dan keadilan dari keberadaan bisnis tersebut. Mempelajari kualitas moral kebijaksanaan organisasi, konsep umum dan standar untuk perilaku moral dalam bisnis, berperilaku penuh tanggung jawab dan bermoral. Artinya, etika bisnis islami merupakan suatu kebiasaan atau budaya moral yang berkaitan dengan kegiatan bisnis suatu perusahaan.

etika bisnis

Dalam membicarakan etika bisnis islami adaah menyangkut “Bussines Form” dan atau “Business Person”, yang mempunyai arti yang bervariasi. Jadi etika bisnis islami adalah studi tentang seseorang atau organisasi melakukan usaha atau kontak bisnis yang saling menguntungkan sesuai dengan nilai-nilai ajaran islamic.

Menurut Vincent Craig dalam bukunya “moral issue in business”, menyatakan bahwa Enterprise ethics is typically the study of just what constitutes good in addition to bad human do, including related activity and values, within a business context. (Etika bisnis adalah ilmu tentang baik buruknya terhadap suatu orang, termasuk tindakan-tindakan relasi dan nilai-nilai pada kontak bisnis. Gi Indonesia juga sudah menciptakan peraturan tentang sanksi dan pola pelaporan yang terarah dan jelas diantaranya melalui sebuah pola berbasis web dalam disebut dengan istilah Whistle Blowing Method atau WBS. Pada WBS ini afin de saksi dapat melapor jika ada pelanggaran yang terjadi teringat penyimpangan etika marketing dan etika yang dilakukan perusahaan melalui e mail dan web www.ga-whistleblower.com seta media lainnya.

Keempat sifat ini diharapkan menghasilkan menjaga pengelolaan institusi-institusi ekonomi dan moneter secara profesional lalu menjaga interaksi redovisning, bisnis dan sociable berjalan sesuai rule permainan yang berlaku. Dalam hukum Islamic, etika bisnis gak hanya dipandang untuk aspek etika selakuala, menurut, parsial, tetapi dipandang secara keseluruhan dalam memuat kaidah-kaidah dalam berlaku umum pada agama Islam. Artinya, bahwa etika bisnis menurut hukum Islam harus dibangun dan dilandasi oleh prinsip-prinsip kesatuan, keseimbangan/keadilan, kehendak bebas/ikhtiar, pertanggungjawaban dan kebenaran, kebajikan dan kejujuran.